Bedanya Xiaomi Exclusive Service Center, Authorized Service Center, dan Collection Point

Untuk memenuhi kebutuhan perbaikan dan dukungan pengguna, Xiaomi menyediakan dua jenis pusat layanan utama, yaitu Xiaomi Exclusive Service Center dan Xiaomi Authorized Service Center.

Apa perbedaan antara Xiaomi Exclusive Service Center dan Xiaomi Authorized Service Center?

Xiaomi Authorized Service Center

Xiaomi Authorized Service Center adalah jaringan layanan resmi yang mudah diakses oleh pengguna Xiaomi. Pusat layanan ini tersebar di berbagai kabupaten dan kota, sehingga memberikan akses yang lebih luas bagi pelanggan untuk memperoleh dukungan perbaikan dan klaim garansi.

Authorized Service Center merupakan layanan resmi yang ditangani atau dikelola oleh mitra yang berkerja sama dengan Xiaomi dalam menyediakan layanan perbaikan dan penanganan garansi. Meski begitu, pusat layanan yang berstatus “Authorized” tetap menggunakan brand Xiaomi, pelayanannya dikontrol Xiaomi, dan teknisinya juga mendapatkan akses ke suku cadang asli yang disediakan oleh Xiaomi.

Xiaomi Exclusive Service Center

Xiaomi Exclusive Service Center merupakan jenis pusat layanan eksklusif dan terbatas, yang ditangani atau dikelola langsung oleh pihak Xiaomi dan hanya berfokus pada produk-produk Xiaomi keluaran resmi di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Xiaomi Exclusive Service Center hanya dapat ditemukan di tempat tertentu, umumnya di kota besar saja. Pusat layanan ini biasanya menawarkan layanan yang lebih cepat, lebih efisien, dan berkualitas tinggi. Exclusive Service Center juga memiliki fasilitas yang lebih baik dan teknisi yang lebih terlatih secara khusus oleh Xiaomi. Pusat layanannya juga cenderung memiliki stok suku cadang yang lebih lengkap, sehingga dapat memperbaiki perangkat dengan cepat.

Collection Point

Selain Exclusive Service Center dan Authorized Service Center, Xiaomi juga melengkapi dukungan dan layanan purna jualnya dengan pusat penerimaan atau penitipan perangkat yang disebut Collection Point.

Xiaomi Collection Point adalah sebuah tempat yang dikelola oleh Xiaomi atau pihak ketiga yang menjadi titik pengumpulan perangkat yang akan dibawa dan diperbaiki di service center, dan juga sebagai tempat pengambilan perangkat yang selesai diperbaiki. Collection Point menerima perangkat yang bermasalah baik itu di sisi hardware atau software, dan akan mengirimnya ke Authorized Service Center terdekat untuk diperbaiki.

Jadi, jika di kota tempat tinggal Anda tidak tersedia Exclusive Service Center atau Authorized Service Center, Anda bisa mencari Collection Point terdekat sebagai cara untuk mendapatkan layanan perbaikan resmi dari Xiaomi.

Kesimpulan

Secara singkat, perbedaan antara Xiaomi Exclusive Service Center, Authorized Service Center, dan Collection Point dapat disederhanakan sebagai berikut.

  • Exclusive Service Center: Service center yang melayani layanan purna jual khusus produk resmi Xiaomi. Terkadang juga terintegrasi dengan sebuah Store, dan melayani pembelian produk-produk Xiaomi.
  • Authorized Service Center: Adalah service center resmi yang dikelola oleh mitra yang bekerja sama dengan Xiaomi. Di beberapa tempat, sebuah Authorized Service Center juga menerima perbaikan untuk produk selain merk Xiaomi.
  • Collection Point: Sebuah titik kumpul resmi untuk produk-produk Xiaomi yang akan dibawa dan diproses atau dikerjakan di Authorized Service Center.